KH Mar’uf Amin Luncurkan Buku “Kiai Wapres, Wapres Kiai”

- 12 Maret 2023, 00:36 WIB
Wapres KH Maruf Amin
Wapres KH Maruf Amin /Kamsari/Dok. BPMI Setwapres

SEPUTAR CIBUBUR -  Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengaku di umurnya yang senja, dirinya belum begitu banyak hal bermakna yang bisa ia berikan sebagaimana mestinya tokoh agama.

Pengakuan itu disampaikan Abah, panggilan akrab KH Ma’ruf Amin saat merayakan ulang tahun yang ke-80, dengan meluncurkan buku berjudul “Kiai Wapres, Wapres Kiai”.

 “Saya sendiri merasa umur saya panjang itu 80 tahun, tapi nilai yang saya berikan itu sedikit. Karena itu saya mohon maaf, sebagai tokoh agama, dalam kiprah saya di Nahdlatul Ulama, di Majelis Ulama Indonesia, dan kapasitas saya sebagai Wakil Presiden.” ujar Ma’ruf Amin dalam perayaan sekaligus peluncuran buku “Kiai Wapres, Wapres Kiai” di Hotel Kempinski, Jakarta, Sabtu (11/3/2023).

Baca Juga: Wapres Beri Penegasan Soal Putusan Pemilu PN Jakpus, Ma'ruf Amien: Pemerintah akan Bersikap

Ma’ruf Amin menuturkan permintaan maafnya atas kiprahnya di Nahdlatul Ulama, Majelis Ulama Indonesia, dan Wakil Presiden yang dirasa belum ideal.

“Mohon pertolongan kepada Allah SWT untuk bisa memberikan pengabdian yang khalis yang murni.” kata Ma’ruf.

Dalam kesempatan yang sama, Ma’ruf Amin turut menuturkan dua hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan makna kehidupan. “Pertama memaknakan kesempatan yang diberikan allah semaksimal mungkin, tidak boleh lemah dan pesimis dalam menghadapi situsi apapun, dan juga memohon inayah rabbaniyah.” kata Ma’ruf.

Baca Juga: Arab Saudi Bangun The Mukaab yang Menyerupai Ka'bah dan Picu Kontroversi, Wapres Beri Tanggapan Tegas

Modal tersebut yang dilakukan Ma’ruf Amin sebagai modal perbaikan di umurnya yang panjang. Continous Improvement atau perbaikan berkelanjutan dijadikan Ma’ruf Amin sebagai prinsip hidupnya.

“Langkah-langkah perbaikan dalam segala aspek di masalah agama, dan masalah kemasyarakatan, politik, ekonomi, sosial maupun budaya, melakukan perbaikan-perbaikan. Yang harus dilakukan adalah perbaikan tidak pernah berhenti, terus menerus dan sustainable ke arah yang lebih baik secara berkelanjutan dan tidak pernah berhenti. Itu prinsip hidup yang saya pegang Continous improvement.” jelas Ma’ruf Amin.

Halaman:

Editor: Ruth Tobing

Sumber: Siaran Pers


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x