Truk Molen: Asal Mula Nama dan Adakah Hubungannya dengan Pisang Molen?

- 12 Mei 2024, 21:23 WIB
Tangkapan layar video truk molen tersangkut dibawa jembatan kereta apai
Tangkapan layar video truk molen tersangkut dibawa jembatan kereta apai /Instagram/warungjurnalis

SEPUTARCIBUBUR- Seiring dengan masifnya pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, serta bangunan lainnya di Indonesia, kita tentu sering melihat truk dengan bagian belakang berbentuk tabung lonjong dan selalu berputar di sepanjang jalan. Kendaraan ini kerap disebut dengan Truk Molen.

Lalu kenapa namanya Truk Molen? Apakah istilah truk molen berasal dari pisang molen?

Truk Molen (mixer truck) merupakan kendaraan pengangkut beton cair dengan bagian belakang berbentuk tabung lonjong yang terus berputar.

Baca Juga: Terpilih Menjadi Tuan Rumah World Water Forum, Ini Manfaatnya Bagi Indonesia

Putaran pada tabung truk molen berguna untuk menjaga konsistensi beton tetap cair dan tidak mengeras selama dalam perjalanan.

Truk molen adalah jenis truk yang berfungsi sebagai pengaduk dan membawa campuran beton curah siap pakai (ready mix concrete) dari pabrik olahan beton (batching plant) ke tempat konstruksi.

Istilah truk molen berasal dari bahasa Belanda ‘molen’. Kata molen memiliki padanan ‘mill’  dalam bahasa Inggris yang artinya pabrik atau penggilingan.

Baca Juga: Renungan Malam Kristiani: Lepas dari Perselingkuhan

Karena terjadi penyerapan menjadi bahasa Indonesia, menggiling dan mengaduk diartikan sama. Akhirnya kata molen digunakan untuk aktivitas keduanya.

Halaman:

Editor: Ruth Tobing


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah