Mengenal PLBN Serasan, PLBN Laut Pertama di Indonesia

- 15 Mei 2024, 17:51 WIB
Sejumlah jajaran pejabat Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) dan Kementerian/Lembaga melaksanakan kunjungan ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, pada 15-16 November 2022.
Sejumlah jajaran pejabat Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) dan Kementerian/Lembaga melaksanakan kunjungan ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, pada 15-16 November 2022. /BNPP

SEPUTARCIBUBUR- Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Serasan merupakan PLBN laut pertama di Indonesia.

Memiliki luas mencapai 10.870 meter persegi, PLBN ini terletak di Pelabuhan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

Pembangunan PLBN Serasan mulai dikerjakan sejak 5 November 2020 dan selesai pada akhir bulan Februari 2022.

Baca Juga: Renungan Malam Kristiani: Usahakan Segala Tenaga

PLBN Serasan termasuk PLBN kategori laut, sehingga hanya dapat diakses melalui jalur perairan.

Keberadaan PLBN Serasan memiliki nilai strategis sebagai beranda terdepan Indonesia karena berbatasan langsung dengan empat negara, yakni Vietnam dan Kamboja di sebelah utara serta Singapura dan Malaysia di sebelah barat dan timur.

Untuk meningkatkan kualitas layanan PLBN Serasan memiliki fasilitas diantaranya gudang barang, gudang transit, mess dan wisma pegawai.

Baca Juga: Anda Sedang Ibadah Haji? Hati-hati, Jangan Lakukan Ini di Masjid Nabawi

Juga ada kantor administrasi, tower air, tempat cuci mobil, empat rumah dinas, pos jaga, power house, tempat pengelolaan sampah, rumah pompa air dan bangunan penunjang lainnya.

Halaman:

Editor: Ruth Tobing


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah