Makna Barongsai di Tahun Baru Imlek Bagi Warga Keturunan Tionghoa

- 30 Januari 2022, 12:00 WIB
Makna Barongsai di Tahun Baru Imlek Bagi Warga Keturunan Tionghoa
Makna Barongsai di Tahun Baru Imlek Bagi Warga Keturunan Tionghoa /Twibbonize.com/Mohammad Ujab

SEPUTAR CIBUBUR - Orang Tionghoa pada tanggal 1 Februari 2022 mendatang merayakan tahun baru Imlek. Biasanya tahun baru Imlek selalu identitik dengan Barongsai.

Barongsai merupakan tarian tradisional China yang menggunakan sarung menyerupai singa dan memiliki sejarah ribuan tahun, tarian tradisional China ini punya sejarah panjang dan dimulai pada masa Dinasti Chin sekitar abad ke tiga sebelum masehi.

Menurut kepercayaan leluhur (China), setiap awal tahun baru adalah masa di mana para dewa dewi kembali ke kahyangan untuk melapor ke Kaisar Langit.

Baca Juga: Mau Bikin Link Twibbon Hari Raya Imlek, Tinggal Klik Link Ini

Biasanya, pada saat itu, roh-roh jahat di dunia menjadi semakin ganas karena tidak ada yang mengendalikan mereka ketika dewa-dewi rapat di kahyangan.

Berdasarkan kepercayaan tersebut, orang China kuno mengadakan tarian barongsai yang sebelumnya telah diberkati di klenteng dengan maksud mengusir setan.

Versi lain menyebutkan jika ada legenda yang berkembang di kalangan masyarakat kuno.
Mahluk jejadian bernama 'nien' (sebutannya sama dnegan nien yang berarti tahun baru), suka menyerang manusia dan anak-anak.

Secara tradisional, orang China menggunakan barongsai sebagai simbol pembawa kesuksesan dan keberuntungan.

Biasanya digunakan pada acara-acara perayaan seperti Tahun Baru Imlek dan pada seremoni seperti pembukaan tempat usaha baru.

Halaman:

Editor: Danny tarigan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah