Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD Ingatkan Agar Masyarakat Tidak Melakukan Pinjaman Online (Pinjol)

- 15 Januari 2024, 09:50 WIB
Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD; Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD Ingatkan Agar Masyarakat Tidak Melakukan Pinjaman Online (Pinjol)
Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD; Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD Ingatkan Agar Masyarakat Tidak Melakukan Pinjaman Online (Pinjol) /Azfar Muhammad/ANTARA/ANTARA/Azfar Muhammad

SEPUTAR CIBUBUR - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD meminta masyarakat, khususnya generasi Z dan milenial untuk tidak melakukan pinjaman online (pinjol) karena dapat menjerat.

"Datang ke bank saja, pemerintah menyediakan pinjaman-pinjaman lunak, dan macam-macam," ujarnya menanggapi pertanyaan salah satu warga dalam acara "Tabrak Prof!" dengan generasi Z dan milenial di Seulawah Kupi, Medan, Sumatera Utara, Minggu malam.

Dalam kesempatan itu, Mahfud memaparkan bahwa ada hukum pidana dan hukum perdata.

Baca Juga: Pinjol dan Judi Online Disarankan Jadi Topik Debat Cawapres Perdana

Hukum perdata itu dasarnya kesepakatan. "Barang siapa kalau anda melakukan kesepakatan dengan saya itu mengikat. Nah sekarang pinjol itu antara pidana dan perdata. Karena begini, saya menawarkan ke Nabila (penanya) pakai WA, kamu perlu pinjam uang nggak? Nabila jawab, iya. Oke saya sediakan kamu uang, mau nggak kamu saya pinjami bunganya 1 minggu 5 persen, misalnya," katanya.

Ia menambahkan, apabila peminjam setuju maka uang akan ditransfer. Bila bunga pinjaman tidak dibayarkan maka bebannya akan terus meningkat.

Sehingga, kata dia, ada kasus di mana orang pinjam Rp3 juta, dalam beberapa bulan tagihannya mencapai Rp200 juta.

Baca Juga: Diserang Anies dan Ganjar, Ketua Gerindra DIY Sebut Prabowo Pegang Prinsip Ini

Ketika dilaporkan ke polisi, kasus itu tidak bisa ditindak karena masuk dalam perdata. "Lalu saya pertemukan Polisi, Jaksa Agung, OJK, BI. Saya simpulkan ini tindak pidana penipuan. Sejak saat itu, ratusan orang ditangkap masuk penjara. Nah jadi jaminan hukum yang paling pasti jangan suka pinjam uang lewat HP," ucapnya.

Halaman:

Editor: Danny tarigan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah