Ada Fasilitas Biokonversi di Rest Area Cibubur, Manfaatkan Lalat Tentara Hitam untuk Olah Sampah Organik

- 1 Februari 2023, 22:37 WIB
Peluncuran Fasilitas Biokonversi Pengolahan Sampah Organik hasil kerja sama Yayasan Korindo dan Yayasan Forest For Life Indonesia (FFLI) di Rest Area Cibubur
Peluncuran Fasilitas Biokonversi Pengolahan Sampah Organik hasil kerja sama Yayasan Korindo dan Yayasan Forest For Life Indonesia (FFLI) di Rest Area Cibubur /seputarcibubur.com/

SEPUTAR CIBUBUR - Yayasan Korindo dan Forest For Life Indonesia (FFLI) membangun fasilitas biokonversi di rest area Cibubur, Tol Jagorawi KM 10. Fasilitas ini mengolah sampah organik memanfaatkan serangga Black Soldier Fly (BSF/lalat tentara hitam)

Fasilitas tersebut diresmikan oleh Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah dalam sambutannya mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Rabu, 1 Februari 2023.

Zainal Fatah pun mengapresiasi pembangunan biokonversi yang menjadikan Rest Area Cibubur sebagai yang pertama menerapkan fasilitas tersebut.

Baca Juga: DPO Kasus Dugaan Penipuan dan Penggelapan Dana Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Terus Diburu Polri

"Kami berharap akan semakin banyak fasilitas-fasilitas seperti ini dibangun baik di rest area maupun lokasi lain," ujar Zainal Fatah kepada wartawan.

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab para pengelola rest area, menurut dia sudah sepantasnya rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) memiliki fasilitas pengolahan sampah seperti ini.

"Jangan lagi memindahkan masalah sampah organik ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) jika dapat diselesaikan di tempat masing-masing sumber sampah," katanya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti yang juga hadir acara tersebut menambahkan, metode biokonversi serupa juga telah diterapkan pada Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) yang dibangun Kementerian PUPR.

"Ada 12 tempat, di antaranya di Borobudur dan di Parung Bogor," jelasnya.

Halaman:

Editor: sugiharto basith budiman


Tags


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x