Kahoot! Berdampak Positif terhadap Hasil Belajar Siswa, Ini Buktinya

- 27 Maret 2024, 11:17 WIB
WiKIT memberikan bukti ilmiah yang kuat tentang manfaat Kahoot! dalam pembelajaran. Sumber: Kahoot!
WiKIT memberikan bukti ilmiah yang kuat tentang manfaat Kahoot! dalam pembelajaran. Sumber: Kahoot! /

SEPUTAR CIBUBUR - Kahoot!, platform edukasi interaktif yang populer, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Demikian hasil sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan oleh WiKIT, lembaga penelitian Edtech independen internasional. WiKIT memberikan bukti ilmiah yang kuat tentang manfaat Kahoot! dalam pembelajaran.

Dengan menggunakan metode penelitian meta-analisis studi peer-review, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa Kahoot! terbukti dapat membantu siswa belajar lebih efektif, meningkatkan hasil belajar siswa serta membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

"Melalui pemaparan hasil dari meta-analisis studi peer-review independen mengenai pengaruh Kahoot!, para pendidik dan administrator saat ini dapat lebih yakin dalam menggunakan Kahoot! untuk meningkatkan prestasi akademik siswa," kata Eilert Hanoa, CEO Kahoot!, dalam keterangan tulis yang diterima di Jakarta, Rabu (27/3/2024). 

"Selama satu dekade, jutaan siswa dan guru di seluruh dunia telah menggunakan Kahoot! untuk berkreasi dan mengeksplorasi pengalaman belajar berbasis game yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini memberikan bukti kuat kepada para pendidik bahwa Kahoot! tidak hanya mendorong partisipasi, tetapi juga secara langsung meningkatkan pembelajaran siswa," imbuhnya.

Baca Juga: Kahoot! Kini Hadir dalam Bahasa Indonesia, Begini Manfaatnya

Meningkatkan efektivitas belajar didukung penelitian ilmiah

Sejak peluncuran resminya pada tahun 2013, Kahoot! telah didukung dengan basis penelitian dan sertifikasi yang kuat, di antaranya adalah sertifikasi ICEIE Silver Badge dan ESSA Level III yang menunjukan keselarasan terhadap standar mutu pendidikan serta efektivitasnya dalam pembelajaran siswa.

Selain itu, Kahoot! juga secara aktif terlibat dalam berbagai penelitian yang mengukur efektivitas pembelajaran berbasis game, salah satunya dengan melakukan penelitian berbasis meta analysis dengan WiKIT. 

Pada laporan meta-analisis ini, WiKIT secara sistematis menganalisis 155 artikel dan 2070 responden penelitian peer-review yang melibatkan Kahoot! oleh para peneliti independen di seluruh dunia untuk menguji efek kuantitatif Kahoot! Di berbagai jenjang pendidikan pada hasil pembelajaran. 

Melalui proses standarisasi dan konversi beragam metrik hasil belajar, WiKIT menemukan beberapa penemuan penelitiannya sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Ruth Tobing

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x