KPwBI DIY dan ISEI Yogyakarta Umumkan Makalah Pemenang JEF 2023

- 12 Juli 2023, 13:35 WIB
Pemenang, Finalis & Panitia Invitation Paper Road to Jogja Economic Forum 2023. Foto: ISEI Yogyakarta
Pemenang, Finalis & Panitia Invitation Paper Road to Jogja Economic Forum 2023. Foto: ISEI Yogyakarta /

SEPUTAR CIBUBUR - Dalam rangkaian acara Jogja Economic Forum (JEF) 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) DIY bekerjasama dengan ISEI Cabang Yogyakarta menyelenggarakan Invitation Paper Road to Jogja Economic Forum 2023. Hasilnya, tiga dari 10 makalah terbaik keluar sebagai pemenang dan meraih penghargaan serta hadiah.

Adapun 10 makalah terpilih telah dipresentasikan di Hotel Grand Mercure Yogyakarta, Selasa, 4 Juli 2023.

Pengumuman 3 makalah pemenang dilaksanakan bersamaan dengan acara forum diskusi “Peluang dan Tantangan Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia” yang diselenggarakan oleh KPwBI DIY di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin,10 Juli 2023. Acara tersebut merupakan rangkaian dari acara Jogja Economic Forum 2023, Grebeg UMKM DIY 2023 dan side event ASEAN Indonesia 2023.

Penilaian terhadap 10 makalah terpilih, demikian Y Sri Susilo, Sekretaris ISEI Cabang Yogyakarta, dalam rilisnya kepada media, Rabu, 12 Juli, 2023, didasarkan pada kualitas makalah (topik, metodologi, dan pembahasan), presentasi (materi, kemampuan menjelaskan dan kemampuan menjawab) serta uji Turnitin (similarity index) untuk menghindari plagiarism.

Baca Juga: ISEI-BI Studi Komparasi Pariwisata Malang Raya & DIY

Dewan juri terdiri dari Jaka Sriyana (Guru Besar FBE UII), Amirullah Setya Hardi (Dosen FEB UGM) dan Rifat Pasha (Asisten Deputi Kepala KPwBI DIY), telah memutuskan 3 makalah terbaik.

Yaitu, terbaik 1 berjudul “Varianel yang Memengaruhi Keberhasilan Wirausaha Pemula di DIY” (Dorothea Wahyu Ariani/FE UMBY dan Jonathan Ersten Herawan/FBE UAJY). Selanjutnya makalah terbaik 2 berjudul “Pengaruh Teknologi Keuangan (Fintech) terhadap Konsumsi Rumah Tangga DIY” (Aditiyarini Kurniawati/Bappeda DIY dan Ardyanto Fitrady/FEB UGM).

Pemenang makalah terbaik bersama Harso Hutomo --Deputi Kepala KPwBI DIY. Foto: ISEI Yogyakarta
Pemenang makalah terbaik bersama Harso Hutomo --Deputi Kepala KPwBI DIY. Foto: ISEI Yogyakarta
Sedangkan makalah terbaik 3 berjudul “Model Pembangunan Ekonomi Lokal: Studi KWT Pawon Gendis, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo” (Catur Sugiyanto, Nav’iah Khusniati, dan Mareta Larasati/FEB UGM).

Makalah terbaik 1, 2 dan 3 memperoleh apresiasi dari KPwBI DIY berupa sertifikat dan uang masing-masing sebesar Rp10 juta, Rp7 juta, dan Rp5 juta. Sedangkan 7 finalis lainnya memperoleh sertifikat dan uang masing-masing sebesar Rp3 juta. Hadiah untuk pemenang diserahkan oleh Harso Hutomo (Deputi Kepala KPwBI DIY)

Dorothea Wahyu Ariani, peneliti dengan makalah terbaik 1 mengatakan harapannya KPwBI DIY bersama ISEI Cabang Yogyakarta menyelenggarakan forum sejenis dengan melibatkan dosen dan peneliti yang lebih banyak lagi.

Halaman:

Editor: Ruth Tobing

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah