Simak 5 Tips Cerdik Maksimalin THR untuk Masa Depan

- 28 Maret 2024, 12:46 WIB
digibank by DBS gear sesi edukatif bertajuk “Live & Learn: Cerdik Maksimalin THR untuk Masa Depan”. Sumber: digibank by DBS
digibank by DBS gear sesi edukatif bertajuk “Live & Learn: Cerdik Maksimalin THR untuk Masa Depan”. Sumber: digibank by DBS /

SEPUTAR CIBUBUR – Lebaran sudah di depan mata, dan euforia tentang Tunjangan Hari Raya (THR) makin terasa. THR memang menjadi momen penting yang dinantikan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran serta memenuhi keinginan yang lama terpendam. Namun, dalam keceriaan tersebut, sering kali kita mengabaikan perencanaan keuangan yang matang dan lupa mengalokasikan sebagian dari THR untuk ditabung. 

Ketika THR telah diterima, sering kali kita mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan Ramadan dan Lebaran tanpa mempertimbangkan pilihan untuk berinvestasi. Tanpa disadari, hal ini menghilangkan kesempatan kita untuk meraih masa depan yang lebih aman secara keuangan. Oleh karena itu, digibank by DBS hadir memberikan beragam solusi dan panduan yang diperlukan, agar kamu dapat memaksimalkan THR dan memastikan masa depanmu lebih terjamin.

Untuk itu, digibank by DBS baru saja mengadakan sesi edukatif bertajuk “Live & Learn: Cerdik Maksimalin THR untuk Masa Depan”. Yuk, intip beberapa tips yang dibagikan supaya kamu bisa mengatur THR dengan baik!

Pertama, Cerdik bedakan kebutuhan vs kemauan

Kita mungkin masih sering berpikir, “aku akan beli apa yang aku MAU”. Padahal sebenarnya, kemapanan finansial itu datang dari pola pikir “aku akan beli apa yang aku BUTUH”, lho! Membedakan antara kebutuhan dan kemauan adalah langkah awal yang penting dalam mengelola keuangan dengan bijak. Kekayaan yang berkelanjutan tidak hanya didasarkan pada pendapatan yang besar, tetapi juga pada kemampuan kita untuk mengatur pengeluaran dengan baik.

Baca Juga: Permudah Perencanaan Finansial Nasabah Pasca-Lebaran, digibank by DBS Hadirkan Fitur Ini

Nah, di bulan suci Ramadan ini, sebagai langkah awal, identifikasi dulu kebutuhan kamu dan prioritaskan untuk memenuhinya, seperti zakat, membeli tiket mudik, memberi THR untuk asisten rumah tangga (ART), dan sebagainya. Untuk pengeluaran-pengeluaran lain, misalnya buka puasa bersama atau bukber, kamu bisa menyikapinya dengan menyepakati budget di awal agar lebih hemat. Selain itu, walau banyak promo dan diskon Lebaran menanti, penting untuk tetap tenang dan berpikir rasional. Sebaiknya, belilah barang-barang yang benar-benar diperlukan dan akan digunakan secara maksimal.

Kedua, Lakukan simple budgeting dengan metode 50/30/20

Setelah membedakan kebutuhan dan kemauan, menerapkan prinsip simple budgeting juga menjadi solusi yang tepat untuk mengelola THR. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode 50/30/20, yang membagi pendapatan menjadi tiga kategori utama yakni kebutuhan, keinginan, dan tabungan. 

Sekitar 50% dari pendapatan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari, seperti makanan, transportasi, tagihan rutin, dan kebutuhan lainnya. Lalu, gunakan 30% untuk memenuhi keinginan, misalnya baju baru, ornamen Lebaran, dan lain-lain. Terakhir, sisihkan 20% untuk tabungan, dana darurat, dan investasi. Hal ini memungkinkan kita untuk tetap memenuhi kebutuhan dasar, memuaskan keinginan tanpa mengorbankan keuangan masa depan, dan membangun kekayaan secara bertahap.

Halaman:

Editor: Ruth Tobing

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x