Ini Waktu Tepat Mulai Belajar Investasi

- 22 September 2023, 23:56 WIB
Aplikasi IPOT. Foto: Indo Premier
Aplikasi IPOT. Foto: Indo Premier /

SEPUTAR CIBUBUR – Mungkin orang bertanya kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi? Jawabannya adalah saat ini. Begitu pun waktu yang tepat untuk mulai belajar investasi adalah saat ini juga.

Mulai belajar investasi tidak perlu menunggu nanti-nanti. Semakin cepat (dini) mulai belajar investasi, semakin banyak waktu yang dimiliki untuk memanfaatkan potensi pertumbuhan investasi.

Time value of money adalah konsep yang penting dalam investasi, di mana uang yang diinvestasikan hari ini memiliki potensi untuk tumbuh lebih besar di masa depan. Investasi sangat membantu dalam mengatur dan mengelola keuangan menjadi lebih baik, mempersiapkan masa depan finansial yang lebih baik dan mencapai tujuan keuangan.

Baca Juga: Indo Premier Rekomendasikan 6 Saham Ini untuk Trading

Community Lead IPOT, Angga Septianus menegaskan investasi memang sebaiknya dilakukan sesegera mungkin, terutama jika sudah punya tujuan keuangan jangka panjang seperti pensiun, pendidikan anak dan tujuan keuangan lainnya.

Community Lead IPOT, Angga Septianus (kanan) usai memberikan edukasi di acara Community Event Rukita bertajuk “Sesi Senja-Sharing & Jamming” di Rooftop Rukita Rukosta Jelambar, Jakarta Barat, Kamis, 10 Agustus 2023. Foto: Indo Premier
Community Lead IPOT, Angga Septianus (kanan) usai memberikan edukasi di acara Community Event Rukita bertajuk “Sesi Senja-Sharing & Jamming” di Rooftop Rukita Rukosta Jelambar, Jakarta Barat, Kamis, 10 Agustus 2023. Foto: Indo Premier
Namun sebelum memulai investasi, tentu perlu memahami ilmu dasarnya, termasuk memahami risiko, diversifikasi dan pilihan instrumen investasinya yang tepat. Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk belajar investasi seperti buku, kursus online, seminar hingga saran dari ahli keuangan. Menariknya, saat ini telah tersedia aplikasi investasi saham yang telah dilengkapi fitur-fitur untuk mulai belajar seperti IPOT.

PT Indo Premier Sekuritas melalui aplikasi IPOT baru-baru ini menghadirkan inovasi buat mereka yang ingin mulai belajar investasi. Inovasi tersebut adalah fitur Simulasi Investasi, forum investasi IPOT Buzz dan fitur-fitur lainnya yang bisa digunakan tanpa registrasi. Setelah mengunduh aplikasinya, pengguna bisa langsung belajar investasi saham dengan menggunakan kedua fitur itu tanpa registrasi.

Baca Juga: Indo Premier Raih Indonesia's Best Securities House 2023 dari Asiamoney

Simulasi Investasi adalah fitur simulasi untuk jual-beli saham di IPOT yang akan membuat pengguna merasakan secara langsung transaksi jual-beli saham secara real-time tanpa harus takut kehilangan uang, sementara itu IPOT Buzz adalah forum informasi investasi yang memfasilitasi semua investor untuk saling terhubung dengan sesama investor dan sumber profesional guna mendapatkan informasi terkini.

"Apalagi sekarang belajar investasi bisa dilakukan di saat-saat senggang, seperti saat antre makan siang, kamu bisa #PakeAjaDulu IPOT untuk mulai belajar investasi tanpa registrasi dan seketika bisa langsung mengakses forum IPOT Buzz untuk mendapatkan rumor saham terbaru, mencoba beli-jual saham di Simulasi Investasi dan menggunakan fitur-fitur IPOT lainnya," tegas Angga di Jakarta, Jumat, 22 September 2023.

Halaman:

Editor: Ruth Tobing

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah