Indahnya Toleransi di Ujung Negeri, Hingga Kampung Ini Ditetapkan Sebagai Kampung Moderasi Beragama

- 13 Maret 2024, 16:47 WIB
Kota Tua Penagi Natuna Resmi Jadi Kampung Moderasi Beragama. -f/istimewa
Kota Tua Penagi Natuna Resmi Jadi Kampung Moderasi Beragama. -f/istimewa /

SEPUTARCIBUBUR- Indonesia dibangun dari fondasi agama, budaya, dan suku yang berbeda-beda, namun tetap bersatu dalam damai.

Salah satu contohnya dapat dilihat di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang merupakan wilayah terluar Indonesia.

Di Kampung Tua Penagi, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur terdapat dua rumah ibadah yang berdiri berdampingan saling berdekatan.

Baca Juga: Wow Keren! Ini Jalan Tol dengan Pemandangan Terindah di Indonesia, Ada yang Dijuluki Panoramic Toll Road

Keduanya adalah Surau Al-Mukarramah milik umat Islam dan Kelenteng Pu Tek Chi milik umat Khonghucu. Saat ini surau sedang direnovasi oleh pemerintah setempat karena kondisinya mulai lapuk dimakan rayap.

Meski dibangun bersebelahan, tidak pernah terdengar salah satu umat agama saling mengeluhkan keberadaan rumah ibadah masing-masing.

Jarak antara kedua rumah ibadah itu sekitar dua meter dengan ukuran bangunan hampir sama dan hanya dipisahkan oleh jalan panggung beralaskan papan.

Baca Juga: Yuk Serbu, Mal Living World Cibubur Dibuka 15 Maret 2024

Maklum saja, karena sebagian besar permukiman warga di tempat ini didirikan di atas air laut dan berbentuk panggung ditopang tonggak-tonggak kayu nan kokoh sebagai penahan tubuh bangunan.

Halaman:

Editor: Ruth Tobing


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x