Merauke Siap Jadi Tuan Rumah Kongres PMKRI 2024

- 12 April 2024, 09:52 WIB
Uskup Agung Mrauke Mgr PC Mandagi (tengah) diapit oleh Bupati Merauke Romanus Mbaraka dan Ketua Forkoma PMKRI Hermawi Taslim (berbatik) beserta para pejabat Propinsi Papua Selatan usai peresmian Patung Kristus Raja di Pulau Habe, Merauke, Papua, 8 April 2024. Sumber: Forkoma
Uskup Agung Mrauke Mgr PC Mandagi (tengah) diapit oleh Bupati Merauke Romanus Mbaraka dan Ketua Forkoma PMKRI Hermawi Taslim (berbatik) beserta para pejabat Propinsi Papua Selatan usai peresmian Patung Kristus Raja di Pulau Habe, Merauke, Papua, 8 April 2024. Sumber: Forkoma /

SEPUTAR CIBUBUR -  Kabupaten Merauke siap menjadi tuan rumah kongres PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) di Merauke yang menurut rencana diadakan pada Juli 2024 ini.

PJ Gubernur Provinsi Papua Selatan Apolo Safanpo dan Bupati Kabupaten Merauke Romanus Mbaraka, pun menyatakan siap memberi dukungan bagi terselenggaranya kongres PMKRI. Dukungan itu ditegaskan kedua pejabat tersebut saat menjemput Ketua Forum Komunikasi Alumni PMKRI (Forkoma), Hermawi Fransiskus Taslim di Bandara Mopah Merauke pada Senin, 8 April 2024.

Dalam pesan whatsapp-nya pada Kamis (11/4/2024), Hermawi Taslim mengatakan, kehadirannya di Merauke terkait dengan undangan yang disampaikan kepadanya. Undangan tersebut berisi  kehadiran Hermawi Taslim dalam pemberkatan patung Kristus Raja oleh Uskup Agung Merauke, Mgr PC Mandagi MSC. Patung yang tingginya 29 meter tersebut didirikan di Pulau Habe. Patung tersebut mirip dengan patung Yesus Kristus di Rio de Janeiro, Brasil.

Patung Kristus Raja di Pulau Habe, Merauke, Papua.  Sumber: Forkoma
Patung Kristus Raja di Pulau Habe, Merauke, Papua. Sumber: Forkoma
Pulau Habe adalah pulau yang berada di kampung Wambi, distrik Okaba, kabupaten Merauke, Papua Selatan. Pulau ini terletak di perairan laut Arafura dan termasuk dalam Pulau-pulau kecil terluar Indonesia menurut Keputusan Presiden nomor 6 tahun 2017.  Kondisi permukaan pulau Habe berupa pasir putih dan pecahan batu karang yang berbeda dengan pulau-pulau lainnya di Kabupaten Merauke yang umumnya berlumpur.  Pulau Habe dapat dicapai dengan speed boat dengan waktu tempuh 2 jam.

Baca Juga: Forkoma PMKRI Kritik Bupati Lebak, Ini Alasannya

“Ini merupakan keputusan yang baik dari pengurus PMKRI dan pemerintah Papua Selatan dan Kabupaten Merauke sangat mendukung. Baik Pak Gubernur Apolo dan Pak Bupati Romanus memiliki perhatian yang besar terhadap PMKRI. Pak Gubernur telah menyiapkan stadion yang pernah digunakan penyelenggaraan PON sebagai tempat menginap. Selain itu, pemerintah setempat juga telah meyediakan angkutan bus sebagai alat trasportasi lokal bagi para peserta selama di Merauke,” jelas Tasllim.

Menurut Bupati Merauke Romanus, urai Taslim lebih lanjut, Keputusan PMKRI memilih Merauke sebagai kota penyelenggaraan Kongres membuat bangga dirinya dan masyarakat Merauke. Sebagai venue atau tempat penyelenggaraan, fasilitas ex-PON dapat digunakan.

Anggota DPR RI RI Dapil Papua Selatan, Sulaiman Hamzah (baju biru gelap), Ketua Forkoma PMKRI Hermawi F Taslim dan PJ Gubernur Papu Selatan Apolo Safanpo (baju putih) di ruang VIP Bandara Mopah Merauke, 8 April 2024. Sumber: Forkoma
Anggota DPR RI RI Dapil Papua Selatan, Sulaiman Hamzah (baju biru gelap), Ketua Forkoma PMKRI Hermawi F Taslim dan PJ Gubernur Papu Selatan Apolo Safanpo (baju putih) di ruang VIP Bandara Mopah Merauke, 8 April 2024. Sumber: Forkoma
Dalam rapat khusus DPC PMKRI Merauke, yang juga dihadiri oleh Hermawi Taslim, Ketua PMKRI Merauke Susana Kadaimu menjelaskan bahwa persiapan-persiapan penyelenggaraan kongres sudah dilakukan dan semakin intensif, Meskipun demikian PMKRI Merauke berharap dukungan dari para alumni PMKRI dan juga berbagai pihak lainnya.

Dalam pembekalan kepada peserta rapat khusus tersebut, Taslim yang juga Sekjen Partai Nasdem itu, berharap agar  dalam penyelenggaraan kongres, PMKRI Merauke melibatkan para sahabat dari Kelompok Cipayung, seperti HMI, PMII, GMNI, dan GMKI. Dengan melibatkan para sahabat dari kelompok Cipayang, PMKRI menunjukkan semangat ke-Indonesiaan yang satu, guyup, bertolerasi dan saling menghormati.

Baca Juga: PMKRI Tentukan Masa Depan Papua, Ini Penjelasannya

Halaman:

Editor: Ruth Tobing

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah