Masuki Musim Pancaroba, IDI Minta Masyarakat Jaga Kesehatan

- 12 April 2024, 10:11 WIB
Cuaca ekstrem jelang musim pancaroba di Indonesia/antaranews,com
Cuaca ekstrem jelang musim pancaroba di Indonesia/antaranews,com /

SEPUTAR CIBUBUR-Bulan April tahun ini tidak hanya merupakan musim libur panjang karena perayaan Idulfitri, tetapi juga Indonesia memasuki musim pancaroba yang identik dengan perubahan cuaca yang drastis dapat menjadi ancaman bagi kesehatan.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengingatkan masyarakat luas untuk menjaga kesehatan dengan melakukan sejumlah persiapan dan pencegahan sebelum melakukan perjalanan baik liburan maupun untuk bisnis atau pekerjaan di musim pancaroba ini.

“Kewaspadaan dini menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan oleh masyarakat. Perubahan cuaca yang drastis dari panas terik ke hujan atau sebaliknya dapat membahayakan kesehatan kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, ibu hamil. atau orang ang kondisi tubuhnya kurang fit,” kata DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dalam keterangan tertulis, Jumat 12 April 2024.

 Baca Juga: Punya 24 Juta Followers, Akun instagram Sandra Dewi Hilang

Berikut rekomendasi dari PB IDI untuk menjaga kesehatan selama perjalanan di musim pancaroba:

1. Lakukan vaksinasi flu sekurangnya 1-2 minggu sebelum bepergian untuk melindungi diri dan mengurangi kemungkinan menyebarkan virus ke orang lain. Lakukan vaksinasi dalam kondisi tubuh sedang sehat dan tidak mengalami gejala flu apapun.

2. Selain vaksinasi flu, sebaiknya melakukan vaksinasi Covid-19 baik untuk awal maupun vaksinasi booster.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang telah divaksinasi COVID-19 memiliki kemungkinan kecil untuk menularkan COVID-19 pada orang lain sehingga  menjadikan perjalanan baik dekat maupun jauh menjadi lebih aman bagi diri Anda sendiri dan orang lain di rombongan Anda.

Baca Juga: Prabowo Jalin Rekonsiliasi Nasional dengan Semua Kelompok Politik

Halaman:

Editor: Ruth Tobing


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah